Bisnis saat ini banyak dilirik oleh masyarakat milenial karena dianggap dapat mendatangkan pendapatan yang tinggi, salah satunya secara online. Bisnis secara online diklaim hanya perlu biaya operasional minim, terutama yang memakai media sosial sebagai pemasaran. Cara bisnis online di Facebook jadi salah satu hal yang penting agar penjualan meningkat. Yuk cek di sini!

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Bisnis di Facebook

  1. Perbanyak Jumlah teman

Meningkatkan penjualan bisnis anda dapat dimulai dengan menambah jumlah teman di akun anda. Jumlah teman setiap akun memang telah dibatasi oleh pengembang media sosial ini, yaitu sekitar 5000 orang. Akan tetapi, anda bisa memanfaatkan fitur follow dan mengatur unggahan anda menjadi public agar dapat dilihat dan dikunjungi oleh orang.

Dengan begitu, unggahan di akun bisnis yang anda jalankan tetap dapat dilihat oleh akun yang tidak termasuk ke dalam daftar pertemanan. Cara ini cukup jitu untuk membuat banyak orang semakin tertarik dengan usaha yang anda tawarkan.

Selain itu, jumlah teman yang semakin banyak juga dapat membuat banyak orang melihat unggahan anda. Melalui satu akun yang menyukai postingan anda, maka postingan ini akan dilihat oleh pengguna lain yang berteman dengan akun tersebut. Dengan begitu, usaha yang anda miliki akan semakin dikenal oleh banyak orang yang memiliki akun Facebook.

  1. Update Status

Salah satu cara jitu untuk mempromosikan bisnis, yaitu update status dengan intensitas yang cukup tinggi. Para pengelola akun bisnis bisa mengunggah status seputar produk atau jasa yang ditawarkan, seperti dalam bentuk tulisan atau gambar. Pastikan dilengkapi dengan gambar yang menarik serta tulisan yang persuasif agar mampu menarik minat banyak orang.

Semakin sering anda update status, maka akan semakin banyak orang yang mengenal jasa atau produk yang ditawarkan. Cara bisnis online di Facebook satu ini juga jadi salah satu cara untuk mengenalkan brand lokal yang anda usung, terkait produk atau brand toko anda. Dengan begitu, pastikan anda selalu kreatif saat mengunggah status baru.

Yang tidak kalah penting, para pemilik akun bisnis juga harus pandai dalam memilih konten. Pastikan konten tidak menyalin ulang dari unggahan sebelumnya, sehingga terkesan tidak memiliki sesuatu hal yang baru. Selain itu hindari spam dengan jarak waktu unggahan yang terlalu dekat, sehingga pilihlah waktu unggahan yang tepat dan usahakan berpola.

  1. Lirik Grup yang Berkaitan dengan Usaha Anda

Untuk memasarkan bisnis semakin luar melalui media sosial berlogo huruf F ini, anda bisa bergabung ke dalam grup. Carilah grup melalui fitur pencarian untuk kategori serupa dengan bisnis yang dijalankan agar target pasarnya selaras. Pastikan anda melihat beberapa anggotanya, lalu klasifikasikan anggota anggota dalam kategori aktif atau pasif.

Agar bisnis semakin dikenal, anda bisa melakukan pemasaran dengan dua cara. Pertama, anda bisa mengunggah postingan yang memuat foto produk dan takarir yang menarik. Setelah itu, unggahlah secara berkala di dalam grup tersebut dan pantaulah respon yang diperoleh.

Cara kedua yang bisa anda jajal, yaitu melihat beberapa akun yang mengunggah produk atau jasa serupa. Kemudian, lihatlah akun lain yang mengomentari atau menyukai unggahan tersebut. Anda bisa menambahkan mereka satu per satu untuk dijadikan teman, karena mereka berpotensi sebagai calon pembeli yang membutuhkan bisnis anda.

  1. Buat Fanspage Bisnis Online

Selain update status dengan intensitas tinggi, anda juga bisa membuat halaman fanspage dari akun bisnis Facebook. Anda bisa mengandalkan cara bisnis online di Facebook ini sebagai salah satu tips jitu menaikkan penjualan. Meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan membeli like untuk halaman fanspage agar ratingnya terus meningkat.

Selain itu, para pemilik akun bisnis juga bisa mengundang teman teman di Facebook untuk menyukainya. Undanglah beberapa teman dan mintalah mereka untuk membagikan ke teman teman lainnya. Dengan begitu, halaman fanspage anda akan tersebar semakin luas.

Cara jitu lainnya, anda harus mengelola halaman tersebut secara baik dan melakukan respon dengan cepat. Pastikan selalu menjawab pertanyaan dari pengunjung, baik yang berupa komentar maupun pesan pribadi. Salah satu kunci kepercayaan masyarakat, yaitu para pemilik akun yang melakukan respon cepat dan pelayanannya memuaskan.

  1. Tingkatkan Edge Rank

Bisnis yang memiliki potensi tinggi untuk terus meningkat salah satunya dilihat dari jumlah pelanggan serta peminatnya. Hal ini bisa ditingkatkan dengan beberapa cara, yaitu dengan meningkatkan edgerank. Tips jualan online ini berdampak cukup baik karena unggahan anda akan terus berada di beranda teman teman Facebook meskipun bukan unggahan baru.

Hal ini bisa diperoleh dengan beberapa cara, salah satunya update status cukup sering. Dengan begitu, teman teman anda akan menyadari keberadaan toko online serta produk yang anda tawarkan. Implikasi lainnya dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang terus meningkat.

Selain itu, para pemilik akun bisnis juga bisa menambahkan foto, video, atau link di setiap unggahan. Status yang hanya berupa tulisan sulit menarik minat masyarakat milenial, terutama masyarakat Indonesia. oleh sebab itu, menyertakan media lainnya bisa membuat edgerank anda terus meningkat.

Postingan yang menarik didukung dengan tulisan, media, serta link yang ditambahkan. Hal ini dapat memicu atau menarik para pembaca untuk berkomentar, menyukai, atau membagikan ke orang lain. Efek yang ditimbulkan, yaitu bisnis yang anda jalankan jadi lebih dikenal serta edgerank dapat meningkat secara signifikan.

  1. Spam Like

Banyak orang yang merasa terganggu dengan spam like, tetapi hal ini dibutuhkan oleh para pemilik akun bisnis. Akun yang dipakai untuk berjualan membutuhkan banyak like agar dapat bertahan di beranda facebook teman temannya.

Cara bisnis online di Facebook kali menawarkan dua cara, yaitu memakai aplikasi atau fasilitas gratisan untuk menyukai postingan atau menarik minat teman untuk menyukai. Opsi kedua harus lebih dulu anda lakukan dengan menyukai unggahan teman teman Facebook. Dengan begitu, mereka akan melihat akun anda dan melakukan hal yang sama.

Berbisnis secara online dapat mendatangkan untung yang cukup besar, tetapi memiliki target yang luas serta pesaing yang tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan cara cara jitu agar dapat bersaing secara sehat dan bertahan lama. Terdapat enam cara yang bisa anda lakukan untuk berbisnis secara online dan mendapatkan penghasilan maksimal.