Bagi kalangan muda maupun dewasa, menjalankan bisnis atau usaha online merupakan pilihan terbaik untuk memudahkan dalam pengelolaan bisnis itu sendiri. Apalagi, zaman sekarang teknologi sudah sangat maju dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang perkembangan bisnis. Selain itu, para konsumen juga sudah beralih mencari informasi maupun produk/jasa secara online daripada offline.

Dengan begitu, ada lebih banyak peluang sukses jika Anda menjalankan bisnis secara online. Bisnis online itu sendiri diartikan sebagai aktivitas bisnis yang melibatkan internet (secara online) untuk promosi maupun sistem penjualan/pembayaran. Banyak sekali yang sukses dan menghasilkan keuntungan yang besar hanya dari berjualan secara online.

Macam-macam Usaha Online Terlaris Tahun 2020

Bagaimana perkembangan bisnis online di tahun 2020 ini, apakah masih banyak diminati atau konsumen sudah mulai bosan? Belakangan ini, bisnis online justru semakin gencar dan banyak bisnis model baru bermunculan yang memanfaatkan media online. Jika Anda ingin memulai bisnis, maka cobalah beberapa ide bisnis online terlaris tahun 2020 di bawah ini, antara lain:

  1. Bisnis Fashion dan Kecantikan

Bisnis fashion dan kecantikan memang yang terbaik di seluruh dunia karena pasar nya luas dan selalu ada tren baru. Namun, persaingan bisnis ini juga sangat ketat, terutama di bidang fashion. Oleh karena itu, Anda perlu fokus pada kategori tertentu misalnya baju anak/bayi, baju wanita/pria, baju muslim dan lainnya.

  1. Bisnis Web dan Software

Selanjutnya, usaha online yang juga cukup populer di tahun 2020 yaitu bisnis web hosting dan pembuatan software. Ada banyak sekali perusahaan dan klien bisnis lainnya yang membutuhkan jasa web hosting dan pembuatan software. Anda juga bisa membuat Plugin dan template website lalu menjualnya kepada konsumen/klien.

  1. Menjadi Content Creator

Menjadi content creator saat ini sangat berpeluang besar untuk sukses dan menghasilkan keuntungan yang besar. Anda bisa menjadi YouTuber, Blogger, content creator Instagram atau sebagai freelancer. Bagi Anda yang memiliki ide-ide kreatif bisa memulai bisnis content creator ini dan menawarkan jasa secara online.

  1. Bisnis E-book dan Writer

Menjadi penulis online atau copywriter masih cukup populer dan banyak dilakukan di tahun 2020. Beberapa dari penulis lepas tersebut juga banyak yang mengumpulkan ide dan tulisan mereka menjadi sebuah e-book yang diperjualbelikan.

  1. Bisnis Artwork dan Fotografi

Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang seni dan fotografi, bisa membangun usaha online dan menawarkan jasa artwork atau fotografi. Belakangan ini, produk atau karya seni mulai banyak diminati oleh masyarakat dan sudah memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Bisnis Mainan dan Organizer

Selain produk fashion dan kecantikan, Anda juga bisa menjual mainan anak/bayi dan organizer, furnitur atau alat rumah tangga. Belakangan ini, masyarakat memiliki minat yang tinggi terhadap produk-produk organizer untuk menerapkan minimal living atau simple living.

Keuntungan Menjalankan Bisnis atau Usaha Online

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis online sendiri? Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menghasilkan uang secara mandiri dan berkelanjutan dari bisnis yang dijalankan. Selain itu, menjalankan bisnis secara online memang memiliki banyak sekali keuntungan seperti di bawah ini, antara lain:

  • Lebih fleksibel dan bebas/leluasa bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan Anda sendiri
  • Modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online juga relatif lebih kecil dan bisa disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki
  • Selain modal yang keci, biaya operasional juga bisa ditekan meliputi biaya sewa bangunan, listrik, karyawan, distribusi dan lain sebagainya
  • Jika bosan menjadi karyawan dan tidak bisa bekerja di bawah komando orang lain, maka jadilah bos dan jalankan bisnis online
  • Menjalankan usaha online memiliki kemungkinan jangkauan bisnis yang lebih luas karena internet bisa menjangkau ke seluruh dunia
  • Teknik pemasaran yang dilakukan secara online juga relatif lebih mudah dan murah, juga memiliki pengaruh yang kuat pada peningkatan penjualan

Meskipun dijalankan secara online, tidak menutup kemungkinan juga bisa membangun toko kecil-kecilan dan memajang produk/jasa pada bisnis Anda. Selain itu, juga perlu menyediakan gudang untuk menyimpan stok produk atau kantor sebagai pusat bisnis Anda.

Nah, untuk memudahkan konsumen dalam menemukan toko atau kantor bisnis Anda, bisa dipasang neon box. Anda bisa membuat desain nya lalu memesan pada jasa neonbox yang terbaik dan terpercaya di kota Anda. Jangan lupa untuk menyematkan kontak serta alamat email atau website sebagai informasi dan media promosi bagi konsumen.