Mungkin diantara Anda yang tinggal di daerah perkotaan maupun daerah urban ada yang berminat untuk mulai terjun ke bisnis laundry? Jika iya, maka analisa peluang Anda bisa dikatakan cermat karena usaha ini masih bisa dikatakan sebagai ladang uang meskipun pemainnya sudah cukup banyak. Cara bisnis laundry kiloan yang mudah juga membuat semakin banyak pengusaha baru yang coba-coba ke bisnis yang satu ini. Adakah yang perlu Anda siasati?

Peluang Usaha Laundry Kiloan

Gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini cenderung lebih mementingkan produktivitas untuk sebagian besar waktunya. Semakin banyak orang yang cenderung enggan menggunakan waktu dan tenaga untuk kegiatan rumahan seperti memasak atau mengurus pakaian kotor. Di sinilah peluang usaha semakin tinggi, utamanya untuk usaha laundry.

Dengan permintaan yang terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya kawasan industri dan kawasan perkantoran baru, maka jasa cuci pakaian ini bisa dikatakan akan terus bertumbuh. Jumlah pekerja profesional yang biasanya memanfaatkan waktu luangnya untuk istirahat atau kerja sampingan, akan membutuhkan jasa laundry untuk membersihkan pakaian kotor mereka.

Dengan modal awal yang cukup fleksibel, Anda sudah bisa membuka jasa laundry kiloan yang menyasar target tertentu. Misalnya, dengan peralatan dan tenaga yang minim di masa awal, Anda bisa pilih untuk menyasar pekerja kantoran saja terlebih dahulu dengan promosi serta layanan yang juga disesuaikan. Dengan begitu, modal yang Anda tanam bisa dialokasikan untuk mengembangkan bisnis laundry di kemudian hari.

Dengan modal yang bisa Anda tentukan sendiri sesuai kemampuan, utamanya untuk membeli mesin cuci, beberapa peralatan dan bahan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai harapan. Ongkos laundry di kota besar bisa sampai Rp 7-10 ribu per kilogamnya. Pada umumnya, sebuah mesin cuci bisa menampung setidaknya 6 kilogram yang artinya dalam sekali jalan, Anda bisa mendapatkan hingga Rp 42 ribu.

Namun yang perlu diketahui pula bahwa ada beberapa biaya yang mungkin juga tidak murah dalam usaha ini, terlebih jika Anda tidak mendapatkan supplier dan maintenance yang baik. Belanja operasional laundry kiloan ke supplier bisa saja sangat tinggi atau terlalu mahal, dan ini bisa jadi masalah saat usaha Anda semakin ramai. Begitu pula dengan perawatan mesin cuci yang juga sangat ditentukan oleh penggunaan dan profesionalisme teknisi.

Cara Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

Seperti yang banyak dikatakan orang, bahwa bisnis laundry kiloan termasuk usaha yang mudah dirintis dan dijalankan. Menggunakan mesin cuci otomatis, seorang pemula bahkan tidak harus merekrut karyawan. Untuk menangani order, Anda cukup memasukkan baju ke mesin cuci, tuang detergent, atur dan pencet tombol lalu tunggu hingga proses wash selesai. Setelah itu, angin-anginkan atau jemur baju, setrika. Setelah itu, kemas dan atur di rak lalu tunggu pelanggan mengambil baju tersebut.

Usaha laundry ini juga tidak terlalu banyak makan tempat karena hanya membutuhkan ruang untuk administrasi, ruang untuk mesin cuci dan setrika serta sebuah area terbuka untuk mengeringkan baju. Untuk menekan kebutuhan modal, Anda juga bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri sebagai lokasi bisnis laundry. Terlebih apabila lokasi rumah Anda strategis, di perumahan, dekat perkantoran, kampus dan pusat keramaian lainnya maka promosi usaha pun menjadi lebih mudah.

Berbicara soal promosi, Anda tidak harus selalu mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut hingga menebar selebaran dan stiker. Pertimbangkan pula untuk memanfaatkan platform online seperti media sosial untuk mengenalkan bisnis laundry kiloan. Anda juga bisa menerapkan berbagai tips bisnis online lainnya untuk melakukan marketing yang lebh efektif dan efisien.

Lalu bagaimana tahapan memulai bisnis laundry kiloan ini? mudah saja, berikut ini beberapa langkah untuk memulai usaha laundry dari nol

Persiapkan modal

Seperti yang disebutkan bahwa nominal modal untuk mengawali bisnis laundry ini cukup fleksibel. Dengan dana yang tak lebih dari Rp 10 jutaan, Anda sudah bisa memiliki usaha laundry yang cukup mumpuni untuk menangani pesanan dari pelanggan-pelanggan baru. Modal ini akan digunakan untuk beli mesin cuci, setrika beserta tatakannya, timbangan, hanger, set meja kursi, rak dan beberapa biaya operasional lain seperti belanja detergent, pewangi, listrik ataupun sewa tempat dan renovasi (jika perlu).

Lokasi

Penentuan lokasi bisa disesuaikan dengan target konsumen Anda. Ketahui dulu siapa saja yang akan menjadi calon pelanggan bisnis laundry Anda, temukan dimana mereka biasanya berada atau melintas. Pastikan bahwa alamat laundry kiloan Anda bisa terlihat dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan incaran Anda. Ingat, Anda tak harus menyewa atau membeli tempat yang biasanya membutuhkan banyak biaya. Lakukan renovasi atau hias agar lebih menarik perhatian.

Biaya Operasional

Biaya operasional harus dipertimbangkan dengan cermat mengingat pengeluaran ini juga akan menentukan keberlangsungan usaha Anda nantinya. Hitung berbagai pengeluaran yang mungkin muncul seperti membayar listrik atau sewa tempat, perawatan dan perbaikan mesin, gaji karyawan, belanja berbagai bahan (deterjen, pelembut dan pewangi). Siapkan pula anggaran untuk pengeluaran tak terduga.

Harga

Setelah mengetahui estimasi pengeluaran, Anda juga perlu menentukan berapa harga yang pantas untuk jasa cuci. Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui berapa harga pasaran lalu perhitungkan dengan biaya operasional tadi. Meskipun sedang promo, hindari mematok harga terlalu rendah yang bisa saja memicu perang tarif dengan kompetitor. Utamakan layanan profesional berkualitas dengan penyesuaian terhadap kebutuhan pelanggan Anda.

Demikianlah sedikit ulasan tentang peluang dan cara bisnis laundry kiloan yang mungkin perlu untuk Anda ketahui. Dengan begitu, proses permulaan usaha bisa menjadi lebih optimal dan bisa mendapatkan hasil yang sesuai  dengan harapan.