Permainan sepak bola dalam ruangan atau sering kita sebut dengan nama futsal menjadi salah satu permainan yang sangat digemari saat ini, saat ini di semua kota di indonesia bahkan sampai ke pedesaan terdapat sebuah lapangan futsal yang bisa kita sewa untuk bermain dengan tim kita, tidak jarang para pemilik dari cafe atau lapangan futsal ini mengadakan kompetisi atau turnamen dengan hadiah yang lumayan besar. Perkembangan futsal sendiri di indonesia terbilang sangat cepat dimana pada tahun 2000 baru diperkenalkan dan tahun 2002 futsal sudah mulai menjamur.

 

Pada topik kali ini kita akan membahas mengenai sejarah futsal atau lebih tepatnya sejarah perkembangan futsal mulai dari siapa penemu futsal, bagaimana futsal bisa berkembang, dan juga kita akan membahas sedikit mengenai sejarah perkembangan futsal di indonesia. Sebelum kita memasuki mengenai topik pembahasan dari sejarah futsal dunia, kita akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian permainan futsal.

Apa Yang Dimaksud Futsal?

Secara umum arti kata dari futsal adalah sebuah permainan bola dengan masing-masing tim beranggotakan 5 orang dengan tujuan permainan memasukan bola kedalam gawang dengan cara menggiring atau menendang bola tanpa tersentuh tangan. Memang perngertian futsal tadi hampir sama dengan cara permainan sepak bola, namun yang menjadi pembedanya adalah jumlah anggota tiap tim dan juga tempat pelaksanaanya dimana futsal berada di dalam ruangan sedangkan sepak bola berada di lapangan terbuka atau luar ruangan.

Sejarah Futsal di Dunia

Menilik dari pengertian dari permainan futsal kita sedikit tahu mengenai apa itu permainan futsal. Sejarah Futsal di dunia dimulai di sebuah kota di Uruguay yaitu Montevideo. Untuk kata futsal itu sendiri terdiri dari dua kata yang berasal dari kata spanyol yaitu Futbol dan Sala, futbol yang artinya menggiring bola atau memainkan bola sedangkan sala artinya di dalam ruangan, sehingga arti kata futsal secara harfiah berarti sepak bola dalam ruangan. Penemuan permainan futsal ini sendiri ditemukan oleh Prof. Juan Carlos Ceriani, dimana beliau pada saat itu sedang menjadi seorang pelatih tim sepak bola nasional portugal namun melakukan pelatihan di Montevideo, Uruguay.

 

Negara Uruguay sendiri merupakan sebuah negara di amerika selatan yang memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga sering terjadi hujan lebat di negara tersebut. Suatu hari ketika Prof. Juan Carlos Ceriani ini akan melakukan latihan di luar ruangan, terjadilah hujan yang sangat lebat sehingga latihan dihentikan, namun karena dia sedang melatih timnas portugal maka latihan jangan sampai terputus, maka dari itu dia memiliki inisiatif untuk memindahkan latihan bermain sepak bola di dalam ruangan. Dari sejak itulah mulai dikenalnya permainan sepak bola dalam ruangan atau futsal.

 

Untuk negara yang perkembanganya sangat pesat untuk permainan futsal ini adalah negara Brazil, dimana ketika dikenalkan pertama kali, Brazil telah berhasil menyapu bersih kejuaraan futsal tingkat internasional, dan sampai sekarang brazil menjadi satu-satunya negara yang masih bertengger di peringkat satu pada pertandingan futsal.

Pertandingan Futsal Internasional

Berbicara mengenai pertandingan internasional, Sejarah Futsal piala dunia pertama diadakan di kota Sao Paulo, Brazil, pada tahun 1982. Pertandingan futsal ini saat itu berada di bawah naungan federasi sepak bola bernama FIFAUSA (yang nantinya negara-negara anggotanya bergabung dalam federasi sepak bola FIFA). Dan pemenang pertama dari piala dunia futsal ini tentu saja negara Brazil.

 

Ketika permainan futsal ini dibawa dan dinaungi oleh FIFA, ada beberapa negara yang tidak setuju mengenai asal mula permainan futsal, dan menganggap permainan futsal tersebut berasal dari negara mereka masing masing, negara tersebut adalah Kanada dan Brazil, walaupun akhirnya sejarah mengatakan permainan futsal ini pertama kali di temukan di negara Uruguay.

 

Perkembangan permainan futsal yang paling pesat untuk wilayah amerika selatan adalah di negara brazil, dimana pada tahun 1930 Brazil memberlakukan aturan permainan futsal dan sampai saat ini peraturan permainan tersebut tidak jauh berbeda, pesatnya perkembangan permainan futsal ini membuat permainan futsal ini menjadi sangat populer di amerika selatan dan sampai di dunia.

 

Di Tahun 1989, dimana perkembangan futsal sudah sangat jauh berkembang organisasi sepak bola internasional FIFA secara resmi memasukan permainan futsal kedalam salah satu permainan sepak bola naungannya. Dan setelah saat itulah semua bentuk kejuaraan permainan futsal harus berada dibawah pengawasan dari FIFA.

Sejarah Futsal di Indonesia

Bagi negara Indonesia sendiri, Sejarah Futsal masuk ke Indonesia pada awal tahun 1998 sampai 1999. Namun pada awal tahun tersebut perkembangan futsal masih belum pesat, baru ditahun 2000 permainan futsal ini mulai berkembang dengan sangat pesat di indonesia, dimana perkenalan permainan futsal ini dikarenakan adanya kejuaraan Piala Asia yang diadakan di Indonesia, dan sejak saat itulah perkembangan dari permainan futsal semakin berkembang dengan pesat sampai dengan sekarang.

Sedangkan untuk orang yang sangat berjasa dan bisa dikatakan sebagai bapak futsal indonesia adalah Alm. Ronny Pattinasarany. Dimana pada saat itu beliau disaat masih muda sudah banyak sekali berkecimpung di lapangan dengan berperan sebagai pelatih dan mendirikan Badan Futsal Nasional (BFN). Oleh karena itu tidak heran jika beliau disebut sebagai bapak futsal indonesia.

 

Itulah secara singkat sejarah mengenai Sejarah Futsal  di dunia dan sejarah masuknya permainan futsal ke indonesia. Dan jika kalian suka bermain futsal, dan sedang ingin membeli sepatu futsal baru kami sarankan kalian untuk membelinya di toko online Sporti yang beralamat di www.Sporti.id.