Di indonesia ini terdapat berbagai macam jenis kopi atau dalam bahasa inggrisnya adalah types of coffee. Jenis kopi ini merupakan salah satu keanugrahan yang dimiliki oleh tuhan yang maha esa kepada seluruh masyarakat indonesia. Karena kita rasa kopi sangatlah berbeda-beda serta memiliki kandungan gizi yang bervariasi serta memiliki cita rasa yang begitu nikmat untuk kita konsumsi sebagai media untuk menenangkan diri atau berkumpul dengan sanak saudara serta keluarga. Maka dari itu daripada kita lebih asik membeli kopi di luar alangkah baiknya kita membuatnya sendiri dengan cara yang baik dan mudah.

Terdapat berbagai macam cara membuat kopi hitam yang baik dan mudah serta caranya pun sangatlah simpel bahkan tidak membutuhkan waktu yang berjam-jam sama sekali. Maka dari itu badai episode kita kali ini kita akan membuat beberapa cara membuat kopi hitam yang enak nikmat. Serta prosesnya pun tidaklah membutuhkan waktu yang lama diantara cara-caranya tersebut sebagai berikut ini.

Persiapkan Bahan Terlebih Dahulu

Untuk anda yang ingin membuat yang sebuah kopi hitam yang nikmat dan juga memiliki cita rasa yang begitu fantastis. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan pokok dari cara pembuatan kopi hitam tersebut. Bahan-bahan pokok yang harus disiapkan dalam tubuh kopi hitam secukupnya yang mana bubuk kopi hitam tersebut adalah kopi hitam yang sesuai dengan selera anda. Mengingat setiap daerah memiliki jenis kopinya masing-masing alangkah baiknya menggunakan jenis kopi hitam yang kalian sukai.

Namun kami menyarankan agar anda menggunakan jenis pupuk kopi hitam yang memiliki tingkat ketebalan serta kekentalan aroma serta rasa. Kenapa demikian karena dalam hal ini akan mempengaruhi yang namanya sebuah tingkat hasrat dalam seseorang mengkonsumsi kopi. Karena jika kopi tersebut terasa nikmat maka orang akan merasa puas. Dan selanjutnya harus disiapkan dalam membuat kopi adalah gula putih secukupnya. Bagi anda yang tidak menekan sebuah bola putih anda bisa menyiapkannya dengan bahan lainnya itu adalah krim atau susu krim manis sesuai dengan selera yang anda inginkan.

Karena masing-masing orang memiliki tingkat kesukaannya sendiri-sendiri ada yang suka menggunakan gula pasir, gula jagung, bahkan ada yang tidak menyukai keduanya. Ada juga yang menyukai namanya sebuah susu krim kental manis ini bisa juga. Salah satu solusi alternatif untuk mereka yang tidak menyukai gula. Kemudian bahan ketiga dalam membuat kopi hitam itu adalah coklat bubuk. Coklat bubuk memiliki faktor penting dalam pembuatan kopi hitam. Karena coklat sendiri mampu meningkatkan rasa yang akan meningkatkan ketertarikan dalam mengkonsumsi kopi. Serta memiliki aroma serta ciri khas tersendiri bagi mereka yang mengkonsumsi kopi hitam jika dicampur dengan coklat bubuk. Namun dalam pembangunan sosial bubuk ini tidaklah banyak hanya beberapa saja atau biasanya hanya setengah sendok teh saja sebagai ciri khas dari kopi hitam.

Cara PembuatanĀ 

Jika kita sudah mengetahui beberapa langkah atau bahan-bahannya harus kita persiapkan kita sudah masuk ke tahap kedua yaitu adalah cara pembuatannya. Semisal jika kita ingin membuat yang namanya dua cangkir kopi hitam yang memiliki cita rasa dan aroma yang nikmat langkah pertama harus kita siapkan adalah kita harus menyiapkan terlebih dahulu dua cangkir air yang kemudian kita panaskan dengan takaran panas maksimal adalah 90 derajat celcius. Jika sudah memanas atau kelihatannya sudah hampir matang kita bisa memasukkan yang namanya sebuah pupuk kopi sesuai selera anda jenis bubuk kopinya.

Ketika bubuk kopi sudah tercampur menunggu beberapa menit 1 hingga 2 menit kita tunggu sampai mulai mendidih kembali dan setelah mendidih kita masukkan setengah sendok bubuk coklat yang sudah dihaluskan sebagai pelengkap dari kopi hitam nikmat tersebut. Ketika kedua bahan tersebut sudah tercampur kita harus mengaduknya terlebih dahulu hingga memunculkan aroma yang nikmat. Aroma yang nikmat tersebut biasanya muncul dari rasa pahit bercampur dengan aroma dari coklat atau bubuk coklat tersebut. Jika aroma tersebut sudah muncul kita hanya perlu menyiapkan saringan sebagai wadah kopi tersebut. Saringan di sini bisa berupa kain putih halus yang mana di bawah kain putih halus tersebut sudah tersedia wadah cangkir untuk kita jadikan sebagai tempat kopi tersebut.

Jika dirasa sudah cukup kita hanya perlu mengangkatnya dan menuliskannya dalam wadah tersebut. Setelah kita tiriskan dan kita tuang kita hanya perlu menyesuaikan isi dari cangkir tersebut. Jika isi tersebut sudah penuh maka kita harus menghentikan penuangannya. Barulah setelah selesai kita bisa menyajikan kopi tersebut kepada orang yang ingin kita beri kopi hitam nikmat tersebut dengan diberikan atau di samping kopi tersebut ada gula putih atau gula jagung bahkan krim susu kental manis sebagai penambah rasa manis.

Mengapa demikian karena beberapa orang tidak menyukai yang namanya rasa manis gula. Sehingga gula bisa disesuaikan dengan takaran atau mungkin kemampuan orang tersebut jika orang tersebut tidak menyukai yang namanya gula bisa diberikan dengan yang namanya krim susu kental manis. Jika orang tersebut memiliki penyakit karena diabetes dan lain sebagainya kami menyarankan agar memberikan yang namanya gula jagung sebagai solusi alternatif rasa manis pada kopi hitam tersebut.