Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan pada saat ini. Khususnya bagi Anda yang memiliki target untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Sebagai persyaratan yang harus dilengkapi untuk studi ini adalah sertifikasi Bahasa Inggris.

Apabila persyaratan telah dilengkapi, maka Anda akan dipanggil untuk melakukan interview dalam Bahasa Inggris. Sebagaimana yang diketahui Bahasa Inggris telah menjadi keharusan karena hampir seluruh kampus di luar negeri menggunakan bahasa ini. Pada artikel ini akan difokuskan kepada wawancara Bahasa Inggris untuk akademik.

Tentang Wawancara Bahasa Inggris

Tahap wawancara merupakan salah satu proses ketika Anda telah lulus proses seleksi berkas untuk sebuah kampus. Wawancara merupakan tahap yang penting dalam sebuah seleksi. Terlebih ini dilakukan oleh pihak kampus tempat Anda melamar kuliah di Luar Negeri. Anda akan diwawancara mengenai motivasi dan seputar pengalaman hidup dalam Bahasa Inggris.

Wawancara Bahasa Inggris memerlukan berbagai persiapan yang harus dilakukan. Sebagai masyarakat yang berasal dari negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris, maka latihan secara intensif sangat diperlukan. Antara lain dengan berlatih sendiri atau mengikuti kursus di World English. Anda dapat melatih kemampuan berbicara dengan bantuan pengajar yang berpengalaman pada tempat kursus ini.

10 Tips untuk Wawancara Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam wawancara Bahasa Inggris:

  1. Melakukan riset terhadap kampus yang dilamar

Saat wawancara, Anda akan diminta untuk menjelaskan alasan memilih kampus tersebut. Oleh sebab itu, pengetahuan yang cukup mengenai kampus yang akan dilamar sangat dibutuhkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya membuat konsep jawaban untuk pertanyaan mengenai kampus yang dilamar dalam Bahasa Inggris.

  1. Menceritakan diri secara umum

Salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara adalah mengenai data pribadi Anda. Dalam menjawab pertanyaan ini salah satu tipsnya adalah dengan menceritakan diri sendiri secara umum. Sebisa mungkin hindari penyampaian informasi yang berlebihan, karena hal ini akan membuat waktu wawancara terbuang sia-sia.

  1. Mempelajari pertanyaan yang mungkin muncul

Membuat prediksi mengenai jenis pertanyaan yang akan muncul dalam wawancara akan memberikan berbagai manfaat. Antara lain Anda dapat melatih diri untuk menjawab pertanyaan yang diperkirakan akan muncul. Biasanya jenis pertanyaan ketika wawancara untuk masuk kuliah cenderung sama, sehingga Anda dapat mempersiapkan jawaban dengan baik.

  1. Latihan wawancara dengan teman

Wawancara adalah salah satu bentuk komunikasi dua arah. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri adalah berlatih dengan teman. Hasil dari latihan dengan teman akan memberikan masukan untuk kemampuan Bahasa Inggris Anda. Sebaiknya Anda berlatih dengan teman yang sudah mahir dalam Bahasa Inggris, sehingga dapat mengoreksi kemampuan Anda.

  1. Memperhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh merupakan salah satu aspek yang akan dinilai dalam setiap wawancara. Begitu juga dengan wawancara dalam Bahasa Inggris. Anda harus melatih diri agar menunjukkan bahasa tubuh yang positif dan menunjukkan sikap yang baik. Latihan bahasa tubuh dapat dilakukan dengan merekam latihan Bahasa Inggris menggunakan Smartphone dan melihat bahasa tubuh Anda saat latihan.

  1. Memperhatikan kecepatan berbicara

Kecepatan berbicara akan menentukan kejelasan dari isi pembicaraan. Apabila Anda berbicara dengan tidak jelas dan cepat, maka maksud dari pembicaraan tidak akan dimengerti oleh lawan bicara. Hal ini sangat perlu untuk dilatih, karena apabila Anda cemas dan berbicara cepat, maka dapat menurunkan nilai dari pewawancara. Latihan untuk kecepatan berbicara dapat dilakukan sendiri di depan cermin.

  1. Berbicara dengan kalimat singkat dan efektif

Salah satu poin yang dinilai dalam setiap wawancara adalah isi dari jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan. Hal ini membuat Anda harus memilih jawaban yang singkat, padat dan jelas. Berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi suatu tantangan karena bahasa ini bukanlah bahasa Anda sehari-hari. Tata Bahasa dan susunan kalimat juga harus dipelajari dengan baik.

  1. Mengajukan pertanyaan bila ada yang kurang jelas

Pewawancara biasanya berasal dari pihak Komite Kampus atau calon pembimbing dari Universitas yang dilamar. Setiap pertanyaan yang diajukan dalam wawancara harus dipahami dengan baik. Hal ini akan berguna untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan. Sebainya meminta penjelasan kembali apabila ada pertanyaan yang masih ragu.

  1. Mempersiapkan fisik dan mental

Persiapan fisik yang kuat dan mental merupakan hal yang penting. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan santai dalam menghadapi wawancara.  Berbagai cara dapat dilakukan berupa persiapan fisik seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air yang cukup dan tidur yang cukup. Keadaan ini akan membuat Anda menjawab pertanyaan yang diajukan tanpa beban.

  1. Berpikir Positif

Pola pikir yang positif merupakan hal yang perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Setelah melakukan berbagai persiapan, maka saatnya Anda percaya pada kemampuan diri sendiri dan mengarahkan pikiran kepada hal yang baik. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan tidak cemas menghadapi wawancara dalam Bahasa Inggris.