Meskipun memiliki waktu yang cukup longgar namun tetap ada waktu yang baik untuk sholat tahajud. Waktu sholat tahajud sendiri adalah sehabis isya’ hingga masuknya waktu subuh. Dengan demikian bisa disimpulkan jika sholat sunah ini memiliki waktu pelaksanaan yang sangat longgar.

Banyak yang masih bingung membedakan antara sholat malam dengan sholat tahajud. Sebenarnya tidak ada perbedaan di antara keduanya. Pasalnya sholat tahajud bisa dikatakan salah satu jenis sholat malam.

Namun meskipun merupakan bagian dari sholat malam, ada perbedaan yang paling mendasar diantara keduanya. Hal ini disebabkan pelaksanaan sholat tahajud disyaratkan harus sudah tidur terlebih dahulu.

Berbeda dengan jenis sholat malam lainnya misalnya seperti sholat ba’diyah isya’ atau sholat witir yang tidak disyaratkan harus tidur terlebih dahulu. Itulah perbedaan paling mendasar antara sholat tahajud dengan sholat sunah malam lainnya.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Berkaitan dengan berapa jumlah rakaat sholat tahajud, rata-rata para ulama fikih berpendapat paling sedikit dua rakaat. Pendapat ini didasarkan dari salah satu hadits yang bersumber dari Abu Hurairah.

Hadits tersebut menjelaskan bahwa ketiak melaksanakan sholat malam, diantaranya adalah sholat tahajud, hendaklah mengawalinya dengan dua rakaat. Nah, jika ada jumlah minimalnya, umumnya ada jumlah maksimalnya juga.

Namun untuk jumlah maksimal rakaat sholat tahajud kebanyakan ulama Syafiiyah maupun Hanabiyah tidak membatasinya. Artinya Anda bisa melaksanakan sholat tahajud dengan jumlah rakaat sebanyak yang Anda mampu.

Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

Di atas tadi sedikit sudah disinggung jika waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah dimulai dari sehabis isya’ sampi dengan masuknya waktu subuh. Tetapi dikatakan juga jika di antara rentang waktu tersebut ada waktu yang baik untuk sholat tahajud. Lalu kapan itu?

Banyak ulama berpendapat jika waktu paling afdol untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam yang terakhir. Waktu ini dimulai pada jam 01.00 sampai sebelum memasuki waktu subuh.

Pendapat ini berdasarkan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Artinya hadits yang dijadikan sebagai dasar bisa dikatakan sebagai hadits sahih. Hadits sahih sendiri adalah hadits yang paling diutamakan dalam penetapan sebuah hukum.

Keutamaan Sholat Tahajud

Kini Anda sudah tahu kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud. Tetapi apakah Anda sudah tahu apa keutamaan dari sholat Sunnah yang satu ini? Sholat tahajud sendiri dikenal memiliki cukup banyak keutamaan, diantaranya seperti:

  1. Sholat Tahajud Termasuk Sholat Paling Utama setelah Sholat Maktubah

Hal ini berdasarkan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Pada hadits tersebut dijelaskan jika puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa sunnah di bulan Muharram.

Sementara itu, sebaik-baiknya sholat setelah sholat maktubah (sholat fardu lima waktu) adalah sholat malam. Nah, dalam hal ini sholat tahajud merupakan salah satu jenis dari sholat malam.

  1. Keutamaannya Jika Dibanding Sholat Siang

Dikutip dari kitab berjudul Hilyatul Auliya, ada sebuah hadits yang menjelaskan jika keutamaan sholat malam jika dibandingkan dengan sholat siang layaknya seperti keutamaan sedekah secara sembunyi-sembunyi (sirr) jika dibandingkan dengan sedekah dengan cara terang-terangan.

  1. Ibadah yang Menjadi Ciri Khasnya Orang-orang Saleh

Dikutip dari sebuah hadits dalam Sunan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW lebih memerintahkan para sahabatnya untuk mendirikan sholat malam. Dalam hal ini sholat tahajud termasuk diantaranya. Pasalnya sholat malam sendiri merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang saleh.

  1. Dibanggakan oleh Allah SWT

Orang yang melakukan sholat tahajud akan dibanggakan oleh Allh kepada para malaikat. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Habib Adullah bin Alwi al-Haddad dalam sebuah kitab karangannya yang berjudul Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah.

  1. Semua Do’a akan Diijabah Allah SWT

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dijelaskan bahwa pada malam hari terdapat waktu yang jika seorang muslim berdo’a kepada Allah SWT, baik urusan dunia maupun akhirat pasti Allah SWT akan menjawabnya.

Itulah beberapa keutamaan dari melaksanakan sholat malam. Yang perlu untuk selalu diingat adalah sholat tahajud dikategorikan sebagai salah satu sholat malam. Itulah kenapa dalam Islam sendiri memang sangat dianjurkan untuk melakukannya.

Apalagi waktu untuk sholat malam pun bisa dikatakan sangat longgar. Berbeda halnya dengan sholat maktubah yang waktunya bisa dengan mudah dilihat pada jam digital masjid. Yang harga jam digital masjid pun bisa dikatakan cukup murah.

Tetapi terlepas dari itu semua, sebagai seorang muslim sudah sewajarnya Anda mencoba untuk rutin mendirikan sholat malam. Apalagi jika dilihat dari keutamaannya yang sangatlah luar biasa. Nah, khusus untuk sholat tahajud, ada baiknya dikerjakan pada waktu yang baik untuk sholat tahajud.