Pixabay.com

Sebagai ibu kota Jawa Timur, Surabaya menjadi salah satu kota mitropolitan yang paling besar di Jawa timur. Tidak heran kalau Surabaya menjadi kota yang bisa berkembang pesat karena dekat pelabuhan yang melayani rute Internasional. Tentu kondisi ekonomi di Surabaya bisa berkembang lebih pesat. Kondisi ini harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Demi menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tentu dibutuhkan pendidikan yang berkualitas juga. Terbukti di Surabaya terdapat banyak perguruan tinggi negeri yang siap mencetak generasi muda yang pintar dan cerdas. Terlebih saat ini sudah banyak sekali biasiswa yang bisa anda gunakan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri. Sehingga jangan sia-siakan kesempatan ini untuk masa depan yang lebih baik. Maka simaklah beberapa daftar kampus yang masuk dalam peringkat universitas terbaik di Indonesia.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya

Pixabay.com

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Tentunya di perguruan tinggi negeri pasti sudah dilengkapi dengan tenaga pendidik yang sudah berkualitas. Selain itu sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan berkualitas. Tidak heran kalau Universitas Negeri di Surabaya selalu menjadi pavorit anak muda di daerah Jawa timur dan sekitarnya. Berikut ini akan dijelaskan daftar perguruan tinggi negeri yang ada di Surabaya. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

ITS menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak peminatnya di Surabaya. Perguruan tinggi negeri ini mendedikasikan untuk mencetak para pemimpin yang memiliki kemampuan dalam ilmu sains dan teknologi. Hal ini bertujuan agar bisa mengangkat Indonesia ini menjadi negara yang maju dan berkualitas tinggi.

Perguruan tinggi negeri ITS menawarkan banyak program studi yang cukup lengkap. Mulai daeri Statistika, teknik sipil, teknik kimia, teknik mesin, teknik elektro, arsitektur, teknik industri, managemen bisnis, dan masih banyak lagi lainnya.

Apabila anda ingin mewujudkan mimpi untuk bisa lolos seleksi di ITS maka anda pelru mempersiapkan diri secara matang. Salah satunya anda bisa belajar online di edutore.com. situs ini sudah menyediakan berbagai edukasi yang lengkap, mudah dipelajari, dan menyenangkan. Sehingga anda pun akan lebih siap ketika mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi di ITS.

Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR)

Perguruan tinggi negeri yang tidak kalah bagusnya dengan ITS yaitu Universitas Airlangga Surabaya. Kampus ini banyak sekali peminatnya dengan menawarkan berbagai Fakultas yang berkualitas. Mulai dari Fakultas Kedokteran dengan program studi : S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Bidan, S2 Ilmu kesehatan Olahraga, S3 Ilmu Kedokteran. Kemudian ada Fakultas Hukum dengan program studi : S1 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Hukum, S3 Ilmu Hukum. Selain itu masih ada Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakyltas Ilmu Budaya dan masih banyak lagi. Tidak heran kalau Unair selalu menjadi pilihan banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah dan menimba ilmu.

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Unesa merupakan salah satu universitas negeri di Surabaya yang awalnya bernama IKIP Surabaya (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya). Bagi anda yang memiliki cita-cita ingin menjadi guru, bisa menimba ilmu di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Ada banyak Fakultas di Unesa yang bisa anda jangkau mulai dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas EKonomi, Fakultas Bahasa dan Seni, dan Fakultas Teknik.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya (UPN)

Kampus UPN merupakan salah satu Universitas yang pada awalnya didirikan oleh para veteran yang berjuang melawan penjajah. Tentunya ini sebagai monumen hidup untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan di negara Indonesia. Pada perjalanannya kampus UPN ini sering mengalami perubahan nama dan status.

Apabila anda tertarik untuk kuliah di Universitas Pembangunan Nasional Veteran maka anda bisa memilih berbagai juruan sesuai keinginan anda. Terdapat  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Imu Komputer, Imu sosial dan Politik, dan Fakultas Hukum.

Persiapkan Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya

Pixabay.com

Tentu anda sudah tahu kalau Surabaya menjadi salah satu kota yang memiliki banyak keunikan, tempat hiburan, budaya dan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Surabaya menjadi kota metropolitan yang terus berkembang semakin besar. Maka tidak heran kalau banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah ingin datang ke Surabaya untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi.

Satu hal yang perlu anda perhatikan ketika anda sudah berhasil lolos seleksi masuk perguruan tinggi di Surabaya adalah estimasi biaya bulanan. Hal ini memang sangat penting agar anda tidak kaget ketika mengetahui harga di Surabaya cukup mahal di bandingkan daerah jawa timur lainnya.

Anda harus tahu berapa harga sewa kos di setiap universitas negeridi Surabaya. Kemudian anda juga perlu tahu berapa biaya untuk makan di Surabaya. Kalau di lingkungan kampus biasanya sudah banyak sekali penjual makanan dengan harga yang bervariasi. Sehingg anda bisa memilih sesuai selera dan budget.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa daftar Universitas Negeri di Surabaya. Tentunya apabila anda ingin diterima kuliah di Surabaya anda harus mempersiapakan secara matang agar bisa lolos. Selain itu anda juga harus persiapan dana untuk hidup di kota Surabaya agar bisa lebih hemat.