Bentol merah pada kulit bayi adalah kondisi dimana kulit bayi menjadi kemerahan dan seperti ada benjolan kecil yang umumnya penyebab bentol merah pada kulit bayi karena beberapa hal, diantaranya bentol karena alergi, bentol karena kepanasan dan bentol karena di gigit serangga misalnya nyamuk.

Bentol merah pada bayi tidaklah berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun agar si bayi tidak menggaruk-garuk benjolan tersebut sehingga menyebabkan semakin parah maka anda harus mengatasinya. Untuk itu berikut beberapa cara mengatasi bentol merah yang terjadi pada kulit bayi yang perlu anda ketahui.

Dinginkan kulit bayi

Dengan mendinginkan kulit bayi yang bentol-bentol merah tersebut maka dapat meredakan rasa gatal hingga bentol merah pada kulit bayi akan berkurang dan menghilang. Untuk mendinginkan kulit bayi maka cukup kipasin bayi dengan kipas angin, kipas tangan maupun bawa ke ruangan ber AC.

Sehingga kulit bayi yang tadinya gatal dan panas akan sedikit reda karena kulit menjadi dingin. Selain itu anda juga dapat mengompresnya dengan air dingin dan mengusapnya ke bagian kulit yang bentol-bentol tersebut.

Gunakan cream atau lotion yang mengandung calamine

Calamine merupakan kandungan yang dapat meredakan rasa gatal dan meredakan bentol pada kulit yang sudah parah, jika dengan mendinginkan kulit dan membersihkannya tidak mempan maka anda bisa menggunakan cream ataupun lotion khusus yang meredakan gatal yang mengandung calamine. Usapkan lotion maupun cream tersebut secukupnya ke bagian kulit yang gatal dan bentol-bentol merah tersebut.

Gunakan bedak anti gatal

Ada banyak merk bedak anti gatal yang dapat anda beli di apotik maupun toko obat. Dengan memberikan bedak pada bayi , maka hal ini merupakan cara yang paling efektif karena di samping tidak memiliki efek samping yang berbahaya juga bedak anti gatal ini dapat membuat kulit bayi menjadi adem dan dingin sehingga dapat meredakan rasa gatal yang dialami  oleh bayi dan tentunya dapat menyembuhkan bentol-bentol merah pada kulit bayi.