Jembatan Sirotol Mustaqim pasti tidak asing untuk umat Islam. Jembatan ini merupakan jembatan yang menjadi penghubung antara surga dan neraka. Sebagai umat, kita memang tidak akan bisa membayangkan bagaimana bentuk atau wujud dari jembatan ini. Nama dari jembatan ini berasal dari bahasa Arab yaitu Shirath Al Mustaqim. Nama ini akan banyak dijumpai di dalam Al Qur’an dan sering diucapkan oleh umat Islam ketika membaca surat Al Fatihah.

Kalimat “Ihdinas Siratal Mustaqim” yang terkandung dalam sejumlah ayat dalam Al Quran memiliki arti “Tunjukkanlah kami pada jalan yang lurus”. Dengan kalimat ini, secara harfiah menunjukkan bahwa Sirotol Mustaqim berakna jalan yang lurus atau jembatan yang lurus. Para ulama menyatakan jika jembatan ini terbentang di atas neraka dimana ujung dari jembatan ini merupakan surga. Oleh sebab itu, melewati Sirotol Mustaqim memang akan menjadi salah satu peristiwa yang akan dialami oleh manusia. Ini akan menentukan apakah seseorang itu akan masuk ke surga ataupun neraka.

Amalan Yang Akan Memudahkanmu Untuk Bisa Melewati Sirotol Mustaqim

Kita sudah mengetahui jika kehidupan di dunia ini memang hanya bersifat sementara, kehidupan yang kekal dan abadi sudah menanti kita di akhirat kelak. Pada hari kiamat, umat manusia akan melewati Sirotol Mustaqim yang digambarkan seperti sehelai rambut yang dibelah tujuh. Disini manusia yang bisa dengan cepat melewatinya akan masuk kedalam surga. Begitupun sebaliknya, ada orang yang lambat dan berakhir di neraka.

Penentuan masuk ke surga dan neraka ini tergantung pada amalan yang dilakukan oleh manusia semasa hidup di dunia. Oleh karena itu, sebagai umat Islam yang taat kita harus mempersiapkan diri dengan bekal yang banyak untuk mampu menghadapi fase ini. Berikut ini beberapa amalan yang akan membuatmu mudah melewati jembatan Sirotol Mustaqim :

  1. Senantiasa berjalan ke Masjid dalam kegelapan untuk melaksanakan shalat.
  2. Taubat Nasuha dengan sungguh-sungguh penuh ketulusan untuk kembali ke jalan Allah SWT.
  3. Senantiasa membuat perlidungan untuk sesama umat muslim dari kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh golongan orang-orang munafik.
  4. Senantiasa bersedekah dan ikhlas melakukannya tanpa mengaharap imbalan kecuali pahala dari Allah SWT.
  5. Senantiasa mengurangi beban dan menolong orang yang sedang mengalami kesulitan.

Itu dia beberapa amalan yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah jalanmu melewati Sirotol Mustaqim. Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut niscaya jalan dalam melewati Sirotol Mustaqim akan dipermudah dan dipercepat.