Salah satu tahapan terpenting dalam perkembangan bayi adalah berjalan. Bayi, lazimnya berjalan di usia satu tahun. Meskipun ada yang lebih cepat atau lebih lambat.

Bila bayi perlu waktu lebih lama untuk bisa berjalan, orang tua tak perlu khawatir. Bahkan, beberapa bayi ada yang belum bisa berjalan hingga umur  17 atau 18 bulan.

Ini biasa terjadi, tergantung banyaknya faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya si bayi berjalan.

Jika ingin mencoba, anda bisa melakukan tips agar bayi lebih cepat berjalan. Yakni dengan cara memijatnya di bagian kaki bayi. Nah tips berikut ini mungkin berguna untuk dijadikan referensi cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan. Simak ulasan lengkapnya :

Tips pijat kaki bayi agar cepat berjalan

Salah satu tips agar bayi cepat berjalan adalah dengan memijatnya pada bagian kaki.

Menurut para ahli, memijat kaki bayi dengan cara cara tertentu bisa menstimulasi otot dan syaraf untuk bantu bayi cepat berjalan.

Langkah langkah Pijat kaki bayi agar lebih cepat berjalan

Anda bisa mencoba beberapa langkah memijat kaki bayi untuk membuat mereka lebih cepat berjalan. Berikut langkah langkahnya :

Langkah pertama, angkat satu kakinya, pada bagian pangkal paha bayi, beri tekanan lembut gunakan ibu jari. Lanjutkan ke arah paha.

Langkah kedua, pegang salah satu pergelangan kaki bayi. Berilah pijatan lembut dari pergelangan sampai ke pangkal paha.

Langkah ketiga, Pijatlah di bagian pinggul ke kaki. Geraknya memutar berlawanan arah, seperti gerak meremas.

Langkah keempat, gunakan gerakan memutar dari tumit  ke jari kaki pada telapak kaki bayi. Untuk membelai bagian bawah kaki bayi dari tumit ke jari kaki, gunakan kedua tangan.

Langkah kelima, berilah tekanan lembut di bagian atas kaki bayi. Lalu, ras perlahan dan tarik dengan lembut setiap jari jarinya.

Langkah ke enam, di sekitar pergelangan di kakinya, pijatlah dengan gerakan melingkar. Dan berikan belaian ke seluruh bagian kaki bayi.

Nah itulah tips memijat kaki bayi yang ternyata bisa membantu mempercepat proses si buah hati berjalan. Asalkan dilakukan disaat yang tepat, dengan tips yang tepat, memijat bayi banyak manfaatnya. Selain mempercepat berjalan, juga membantu meningkatkan perkembangan bayi. Semoga informasi ini bermanfaat