Nabi Sulaiman AS. merupakan nabi utusan Allah SWT yang berasal dari keturunan nabi-nabi sebelumnya. Beliau merupakan putra dari raja sekaligus nabi yaitu Nabi Daud AS. Sepeninggal ayahnya, belau melanjutkan kepemimpinan kerajaan dan memperbaiki akhlak Bani Israil melalui dakwahnya. Panduan yang digunakan dalam menyebarkan dakwah keagamaan oleh beliau adalah kitab Tarat. Kitab tersebut merupakan kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada ayahnya. Ketika menjadi nabi sekaligus raja, banyak sekali karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada beliau dalam bentuk keistimewaan dan mukjizat. Apa saja keistimewaan dan mukjizat beliau ?, hasana.id menyajikan informasinya melalui uraian menarik berikut ini.

Nabi Sulaiman AS., Raja dari Segala Makhluk

            Salah satu keistimewaan Nabi Sulaiman AS. adalah menjadi raja dari segala makhluk. Bukan hanya raja bagi sesama manusia, melainkan juga raja bagi binatang dan makhluk gaib (jin dan syaitan). Atas kehendak Allah SWT menjadikan makluk gaib tersebut tunduk kepada perintah beliau. Beberapa surat yang terdapat dalam kitab suci Al Qur’an menyebutkan bahwa jin-jn bekerja bersama Nabi Sulaiman AS. untuk membuat berbagai bangunan untuk kerajaan seperti gedung-gedung, patung, dan sebagainya. Beliau juga dikarunai mukjizat berupa kemampuan untuk melelehkan tembaga hanya dengan menggunakan tangan kosong

Suatu ketika beliau mengumpulkan pasukannya yang terdiri dari manusia, jin, dan burung-burung. Namun, burung hud-hud nampak tidak hadir dalam kawanan burung. Beberapa saat kemudian burung tersebut datang dengan membawa kabar bahwa Ratu Bilqis beserta pengikutnya yang berasal dari negeri Saba merupakan penyembah matahari. Nabi Sulaiman kemudian mengutus burung hud-hud untuk menyampaikan surat kepada ratu tersebut. Namun, surat tersebut justu dibalas oleh ratu dengan memberi hadiah kepada beliau.

Nabi Sulaiman AS. menolak hadiah tersebut dan membalasnya dengan ancaman perang dengan kerajaan Ratu Bilqis. Spontan beliau bertanya kepada bala tentaranya, siapa yang sanggup membawakan singgasana ratu ke hadapannya sebelum peperangan dimulai. Jin Ifit menyanggupi dan seketika Ratu Bilqis hadir di hadapan beliau. Ratu tersebut kagum dengan kemampuan beliau dan memutuskan untuk kembali ke jalan yang benar dengan berserah diri kepada Allah SWT. Kondisi ini membuat kerajaan Nabi Sulaiman semakin kuat dan luas.

Nabi Sulaiman AS. Mampu Menundukkan Angin

            Salah satu mukjizat Nabi Sulaiman AS. yang terkenal adalah kemampuannya dalam menundukkan anin. Kemampuan ini membuat beliau dapat melakukan perjalanan dengan sangat cepat. Berdasarkan Surat Saba ayat 12 menyebutkan “Dan kami tundukkan angin bagi Sulaiman , yang perjalanan pada waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanan pada waktu sore sama dengan perjalanan sebulan”. Meskipun diberi berbagai mukjizat oleh Allah SWT seperti memiliki pasukan berlimpah dengan berbagai keahlian, beliau tidak pernah merasa sombong. Beliau tetap menjadi raja yang bijak seperti ketika menyadarkan Ratu Bilqis dan menanyakan alasan ketidakhadiran burung hud-hud sebelum memutuskan untuk menghukumnya.