Banyak jenis burung yang dapat digunakan untuk berkompetisi, salah satunya burung Kacer. Kacer dikenal sebagai burung jempolan karena memiliki suara yang berkualitas baik. Burung ini juga memiliki performa apik ketika diadu dengan burung lainnya. Agar dapat bersaing dan berkompetisi, Kacer harus memiliki tubuh sehat, bergerak dengan gesit dan bertubuh gempal. Meskipun demikian, untuk meningkatkan performa burung dalam berkicau, pemilik burung harus melakukan perawatan dengan baik dan memilih jenis makanan yang tepat.

Menurut suaraburung.co.id, ada beberapa jenis makanan burung andalan yang dapat membuat performa burung meningkat. Apabila burung diberi makanan yang baik, kicauan burung memiliki kualitas yang baik. Jangkrik menjadi salah satu jenis makanan yang dapat diberikan kepada burung Kacer. Menu makanan ini merupakan jenis makanan yang favorit burung yang dapat ditemukan di alam. Tidak hanya mudah untuk disantap, jangkrik memiliki manfaat yang baik bagi vitalitas burung. Agar burung memiliki performa yang baik, jangkrik diberikan pada pagi dan sore hari. Untuk setiap pemberian makanan ini, burung dapat diberikan 5 ekor jangkrik.

pxhere.com

Selain jangkrik, ulat Hongkong menjadi jenis makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas kicauan burung. Makanan ini mengandung kalori dan protein yang cukup tinggi. Meskipun demikian, pemberian ulat Hongkong harus diperhatikan dengan baik. Pemilik burung tidak boleh memberikannya secara berlebihan karena ulat Hongkong dapat menghangatkan tubuh burung. Sebelum berkompetisi, burung dapat diberikan 6 ekor ulat. Burung akan semakin gancor dan memiliki performa tinggi tiap kali berkompetisi.

Burung kacer juga dapat memiliki performa yang tinggi ketika diberi pakan berupa telur semut atau kroto. Perlu diketahui dengan baik, kroto mampu merangsang performa burung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein tinggi yang ada pada telur semut. Jumlah pemberikan kroto dapat ditentukan berdasarkan dengan kebutuhan burung. Agar mendapatkan manfaat yang baik dari kroto, pemberian kroto sebaiknya dihentikan 2 hari sebelum kompetisi kicauan burung diberlangsungkan. Sama hanya dengan pemberikan jenis makanan lainnya, pemberian kroto tidak boleh diberikan secara berlebihan.

Meskipun ikan bukanlah jenis makanan alami burung Kacer, ikan ternyata dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi burung ini. Pakan yang mengandung ikan dipercaya dapat menghilangkan stress pada burung. Makanan ini juga dapat merangsang burung agar dapat gacor dan menunjukkan performa terbaiknya kembali. Kesehatan burung dapat terjamin akibat kandungan protein, omega 6 dan omera 3 yang terkandung di dalam ikan. Tidak hanya pakan yang mengandung ikan, pemilik burung dapat memberikan potongan ikan secara langsung pada burung. Potongan ikan harus dibuat dengan ukuran kecil sehingga burung tidak merasa kesulitan untuk memakannya.

pxhere.com

Makanan Kacer agar performa burung dapat ditingkatkan launnya adalah voer. Voer memiliki bentuk bulat yang memanjang layaknya pelet. Makanan ini menjadi jenis makanan yang cukup populer di mata pemilik burung karena kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Tidak hanya akan berdampak pada suara, voer juga dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan burung. Makanan mirip pelet ini dapat dikonsumsi oleh burung setiap harinya. Voer dapat dijadikan makanan pokok burung dan digunakan dengan takaran yang cukup. Guna menghindari jamur di dalam kandang, sisa-sisa voer sebaiknya dibersihkan dengan segera.

Cacing menjadi pilihan makanan burung yang membuat Kacer memiliki performa yang baik ketika berkompetisi. Hewan yang menjadi sumber protein hewani ini dapat diberikan dua kali dalam seminggu. Pemberikan cacing diberikan berselingan dengan makanan pokok burung lainnya. Apabila pemilik burung dapat mengontrol pemberian makanan burung yang tepat, memilki burung yang gacor dan berforma tinggi bukanlah hal yang sulit.

Burung Kacer dapat memiliki tubuh yang sehat dan suara yang menarik ketika mendapatkan jenis makanan yang tepat. Jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, ada banyak jenis makanan yang dapat diberikan kepada burung bersuara indah ini. Buah-buahan sendiri menjadi jenis makanan yang mampu membuat burung memiliki performa yang baik. Buah-buahan yang dapat diberikan kepada burung antara lain pepaya, jeruk dan pisang. Buah-buahan yang diberikan sebaiknya dipotong menjadi ukuran yang kecil agar mudah untuk dimakan oleh burung. Buah tersebut nantinya dimasukkan ke dalam wadah yang biasa digunakan untuk menempatkan makanan burung. Tidak hanya membuat burung menjadi sehat, buah-buahan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan burung.

Biji-bijian menjadi pilihan makanan terbaik lainnya yang dapat diberikan kepada burung Kacer. Jenis biji yang paling tepat diberikan kepada burung ini adalah biji-bijian berukuran kecil. Hal tersebut dilakukan guna menyesuaikan bentuk paruh burung. Seperti yang kita ketahui, Kacer merupakan jenis burung yang memiliki paruh berukuran kecil. Jika burung diberikan biji berukuran besar, burung akan sulit untuk menelan biji tersebut. Dari sekian banyak jenis makanan yang telah disebutkan, pemilik burung dapat memilih jenis makanan yang tepat. Selain disesuaikan dengan tujuan pemberian makanan, pemilik burung dapat menentukannya berdasarkan dengan kemudahan dalam mendapatkan makanan burung tersebut. Semoga dengan penjelasan ini, pemilik burung Kacer tidak lagi merasa bingung untuk memilih makanan guna meningkatkan performa burung.