Pernahkah kalian membaca cara memasak mie instan yang ada di belakang bungkus mie instan tersebut? Ternyata tata cara membuat atau memasak dari mie instan tersebut merupakan salah satu dari yang dinamakan teks prosedur.

Lalu apa sebenarnya teks prosedur itu? Dan karakteristik apa yang ada dalam sebuah teks prosedur itu? Berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian dan juga karakteristik dari sebuah teks prosedur beserta contohnya tentunya.

Apa yang Dimaksud Teks Prosedur?

Pengertian mengenai teks prosedur adalah sebuah barisan teks yang berisikan mengenai tata cara atau tutorial yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi seperti yang sudah kita contohkan diatas jika cara memasak sebuah mie instan merupakan sebuah teks prosedur, tujuan dari memasak mie instan tentu saja agar mie yang ada dalam bungkus tersebut bisa kita makan.

Tujuan utama dari sebuah penulisan teks prosedur adalah agar langkah-langkah yang dilakukan sesuai dengan yang telah tertulis, sehingga akan mendapatkan tujuan yang di inginkan. Bila kita tidak mengikuti langkah-langkah yang tertulis tersebut bisa saja hasil yang kita dapatkan tidak seperti yang kita inginkan atau bisa jadi gagal.

Jenis Teks Prosedur

Dalam sebuah teks prosedur ada tiga jenis teks prosedur berdasarkan tingkat kesulitan atau kerumitan dari langkah yang dilakukan, menurut website cimacnoticias, ada tiga jenis teks prosedur  yaitu.

Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana ini adalah sebuah langkah yang bisa dilakukan hanya dengan beberapa step atau langkah saja sehingga terbilang masih mudah untuk dilakukan. Misalnya : cara menghidupkan sebuah laptop

Teks prosedur kompleks

Dalam teks prosedur kompleks ini terdapat langkah yang sangat banyak atau bisa dikatakan sangat rumit untuk dilakukan, namun jika kita mengikutinya kita bisa mendapatkan yang menjadi tujuan dari langkah-langkah tersebut, misalnya ? cara membuat Akte kelahiran

Teks prosedur protokol

Di dalam teks prosedur protokol ini cara atau langkah yang ada didalamnya tidak terlalu rumit untuk di mengerti, sehingga terbilang mudah untuk dilakukan dan di pahami oleh orang awam sekalipun.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Setelah kita memahami mengenai pengertian dan jenis dari teks prosedur, maka kita bisa tahu ciri-ciri- dari teks prosedur tersebut, berikut ini ciri-ciri dari teks prosedur sebagai berikut.

  1. Teks yang ada didalamnya adalah sebuah tata cara yang harus dilakukan
  2. Cara penyusunannya informatif
  3. Penjelasan didalam teks prosedur harus secara detail
  4. Objekstif
  5. Langkah yang ditulis harus diberikan penjelasan
  6. Penggunaan syarat atau pilihan
  7. Sifatnya adalah umum
  8. Aktual dan akurat
  9. Logis

Struktur Teks Prosedur

Apabila kita akan menulis sebuah teks prosedur kita harus mengetahu struktur teks yang harus ada didalam sebuah teks prosedur, karena dalam sebuah teks prosedur ada beberapa struktur yang harus kita penuhi agar menjadi teks yang baik, berikut ini struktur teks prosedur

  1. Judul

Pemakaian judul disini adalah mengenai tata cara apa yang akan dilakukan

  1. Kalimat Pengantar

Dalam kalimat pengantar terdapat penyampaian tujuan dari tata cara yang akan dilakukan

  1. Bahan dan peralatan

Disini dalam sebuah teks prosedur di tuliskan pula bahan dan alat yang harus disiapkan bila akan memulai sebuah kegiatan

  1. Tahap demi tahap ditulis secara berututan

Dalam kita akan menuliskan tutorial atau tata cara, sebaiknya dituliskan secara berurutan mulai dari awal hingga akhir dan di dalam setiap langkah terdapat penjelasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Selain dari struktur pembuatan teks prosedur, tentu saja kaidah kebahasaan yang digunakan juga memiliki persyaratan yang harus ada bila kita akan membuat sebuah teks prosedur, berikut ini kaidah kebahasaan yang harus ada didalam sebuah teks prosedur.

  1. Kata penghubung waktu atau konjungsi temporal, seperti berikutnya, lalu, setelah itu, dan kemudian.
  2. Kata perintah, dimana dalam setiap kata di sebuah teks prosedur akan ditemua beberapa kata perintah, dimana katanya ada yang harus di taati atau dilarang
  3. Kata perilaku yang harus dilakukan, dimana dalam teks prosedur akan ada perilaku yang dijalankan
  4. Yang menjadi partisipan adalah manusia
  5. Adanya bilangan sebagai penanda urutan
  6. Kalimat berisi mengenai pertanyaan
  7. Kalimat berisikan pernyataan

Contoh Teks Prosedur

Setelah kita mengetahu sedikit mengenai teks prosedur, agar lebih jelas berikut ini contoh dari teks prosedur

Cara Membuat Telur Dadar

Alat dan Bahan

  1. Satu butir telur
  2. Garam secukupnya
  3. Mangkok
  4. Minyak goreng
  5. Penggorengan

Cara memasak

  1. Pertama pecahkan terlebih dahulu telur, dan masukan kedalam mangkok, kemudian
  2. Masukan garan secukupnya, setelah itu kocok menggunakan garpu
  3. Panaskan minyak goreng diatas penggorengan
  4. Kemudian setelah panas masukan telur yang sudah kita kocok tadi, masak hingga matang
  5. Setelah matang angkat dan sajikan dengan nasi panas

Itulah mengenai seputar teks prosedur, dari mulai pengertian sampai dengan contoh dari teks prosedur yang simple, dengan kita membaca dari atas maka kita sudah mengetahui dan mengerti mengenai apa itu teks prosedur dan karakteristiknya, semoga informasi diatas bermanfaat.