Inilah Tata Cara Ibadah Umroh yang Benar

Umroh atau biasa dikenal dengan haji kecil adalah kegiatan berkunjung atau ziarah ke Ka’bah untuk melakukan ibadah sesuai dengan syarat dan rukun yang sudah ditetapkan, dengan tujuan mengharap ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dalam melaksanakan umroh, tentunya harus sesuai dengan tata cara ibadah umroh yang sudah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang tata cara ibadah umroh yang benar dan sesuai sunnah. Namun sebelum menuju ke tata cara ibadah, kita akan membahas terlebih dahulu rukun-rukun umroh.

Rukun Umroh

Rukun umroh adalah hal hal yang wajib dilaksanakan saat melakukan ibadah umroh. Jika salah satu rukun ada yang tertinggal, maka ibadah umrah menjadi kurang sempurna dan tidak sah. Rukun rukun umroh di antaranya :

  1. Niat ( Ihram )

Niat umroh dibaca saat berada di miqat. Setelah membaca niat umroh, maka larangan larangan umroh sudah berlaku pada orang tersebut.

  1. Thawaf

Thawaf yaitu berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Thawaf diawali dari hajar aswad, dan berakhir di hajar aswad juga.

  1. Sa’i

Sa’i adalah berlari lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i dilakukan dari bukit Shafa, dan berakhir di bukit Marwah

  1. Tahallul

Tahallul adalah mencukur sebagian rambut sebagai tanda berakhirnya ibadah umroh, dan tidak berlakunya lagi larangan larangan umroh bagi orang tersebut

  1. Tertib

Yang dimaksud tertib adalah melaksanakan ibadah umroh sesuai dengan urutan rukun rukunnya. Mulai dari niat, thawaf, sa’i dan tahallul.

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh :

  1. Persiapan

Sebelum melakukan ibadah umroh, disunnahkan untuk melakukan mandi wajib, berwudhu, dan mengenakan pakaian ihram.

  1. Niat ( Ihram )

Setelah melakukan persiapan, selanjutnya adalah membaca niat umrah dari miqat. Miqat adalah tempat dimulainya rangkaian ibadah umroh. Ibadah umrah dimulai dari kota Madinah.

Bacaan niat umroh yaitu : Labbaikallahumma ‘umratan. Artinya : Ya Allah, saya menyambut panggilanMu untuk melaksanakan ibadah umroh.

  1. Perjalanan menuju Makkah ( Masjid Al Haram )

Setelah membaca niat umroh, kemudian melakukan perjalanan menuju Makkah untuk melanjutkan ritual ibadah berikutnya. Sepanjang perjalanan dari Madinah ke Makkah disunnahkan untuk memperbanyak bacaan talbiyah.

  1. Thawaf

Sesampainya di Masjid Al Haram, jama’ah umroh disunnahkan untuk berwudhu dan masuk ke masjid melalui pintu Babussalam atau Bani Syaibah. Saat masuk masjid dianjurkan untuk membaca basmallah, shalawat nabi, dan do’a masuk masjid.

Kemudian langsung menuju tempat thawaf dan melaksanakan thawaf. Saat melaksanakan thawaf disunnahkan untuk mencium hajar aswad, namun jika kondisi tidak memungkinkan maka cukup menggunakan isyarat melambaikan tangan sambil mengucap Bismillah, Allahu Akbar. Hal ini dilakukan di setiap putaran thawaf.

  1. Shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim adalah sebuah batu tempat Nabi Ibrahim berdiri saat membangun Ka’bah. Jama’ah umroh dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim sebanyak 2 rakaat.

Rakaat pertama membaca surat Al Fatihah dan surat Al Kafirun. Dan di rakaat kedua membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas.

  1. Beristirahat sambil meminum air Zam Zam

Setelah melakukan rangkaian ibadah umroh di Masjid Al Haram, selanjutnya jama’ah umroh beristirahat sejenak sambil minum air zam zam. Sebelum minum air zam zam jangan lupa membaca doa :

Allahumma Inni Asaluka ‘Ilman Nafi’an Wa Risqon Waasi’an Wa Syifaa’an Min Kulli Daa’in Wa Saqomin Bi Romhatika Ya Arhamar Rohimiin.

  1. Sa’i

Setelah beristirahat sejenak, saatnya melanjutkan ibadah umroh ke rukun yang selanjutnya, yaitu Sa’i. Ada bacaan do’a saat melaksanakan Sa’i, yaitu :

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalah. Lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa ‘ala kulli sya’in qadiir. Laa ilaaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa nashara ‘abdahu wa hazamal ahzaba wahdah”

Do’a tersebut dibaca sebanyak 3 kali setiap berada di atas bukit shafa dan marwa sambil menghadap Ka’bah. Dan setiap selesai membaca do’a tersebut, dianjurkan untuk memanjatkan do’a sesuai kebutuhan.

  1. Tahallul

Dan rangkaian ibadah umroh yang terakhir yaitu Tahallul. Untuk laki laki disunnahkan mencukur rambut sampai habis. Dan untuk perempuan cukup dicukur seruas jari saja.

Demikian tadi pembahasan tentang rukun dan tata cara ibadah umroh. Jika kamu ingin melaksanakan ibadah umroh, pastikan kamu memesan paket wisata umroh di biro perjalanan yang bagus dan terpercaya.

Scroll to Top